Wednesday 14 September 2011

Mengatasi Grub Yang Hilang di Linux Ubuntu



Berdasarkan pengalaman saya masalah ini sangat umum di jumpai pada komputer yang multiboot (terdapat beberapa OS yang terinstall dalam 1 komputer) yaitu linux dan windows, saya pernah mengalami masalah ini ketika menggunakan Ubuntu Lucid dan Windows 7 dalam pada PC saya. Oke kita bahas dulu deh apa itu GRUB, para master yang udah tau jangan protes :p

GRUB (GRand Unified Bootloader merupakan boot-loader/boot-manager, yaitu sebuah program kecil (dan juga bagian dari sistem operasi) yang nantinya akan memuat sistem operasi yang biasanya tertanam pada harddisk. Program ini berjalan setelah BIOS, menampilkan pilihan OS mana yang akan di Load untuk di jalankan. begitu dah kira-kira..
Tampilan dafaultnya ada di atas tuh..

Bagi para pengguna Linux khususnya keturunan Debian seperti ubuntu, yang juga menggunakan OS lain (multiboot) seperti windows pasti tidak asing lagi dengan GRUB, karena setiap kali mereka menyalakan komputer pasti akan melihat bagimana grub ini bekerja. Dengan adanya grub ini kita akan diberikan pilihan untuk booting ke sistem operasi mana saja yang terinstall di komputer kita. Tapi bagimana kalau tidak ada sistem operasi lain selain Ubuntu? Kalau tidak ada sistem operasi lain yang terdeteksi oleh grub, maka saat komputer dinyalakan maka biasanya akan langsung masuk ke Ubuntu.

MASALAH yang sering terjadi pada para pengguna yang suka mendua ini, adalah GRUB di komputer mereka hilang atau tertimpa oleh bootloader OS lain seperti windows. Malsalah yang saya sendiri alami adalah GRUB di komputer saya hilang setelah saya install ulang windows 7 sementara di komputer saya juga terdapat Linux Ubuntu, eh itu dulu lho.. sekarang komputer saya udah full opensource, ga windows-wedus-an lagi :p

Hal ini terjadi karena jika kita menginstall ulang Windows setelah menginstall Ubuntu, maka GRUB akan tertimpa oleh MBR Windows. Pada kondisi ini Ubuntu Anda tidak rusak ataupun hilang, dan tidak perlu melakukan install ulang Ubuntu, karena yang dibutuhkan adalah menginstall kembali bootloader Ubuntu (GRUB) yang tertimpa oleh MBR Windows. Ingat, yang diinstall ulang hanya bootloadernya saja buka sistem operasinya.

Kalo sudah paham dengan konsep diatas mari kita ke pokok pembahasan, cara mengembalikan GRUB yang hilang karena di curi tuyul, cekidot:

  1. Yang anda butuhkan adalah sebuah LiveCd/LiveUsb Ubuntu (usahakan yang seversi, lalu booting.
  2. Setelah masuk ke desktop, jalankan terminal: application>accessoris>terminal
  3. Kemudian ketik perintah berikut di terminal, untuk mengetahui di partisi mana Ubuntu anda terinstal
  4. sudo fdisk -l
    Contoh partisi kom saya:
  5. Terlihat bahwa partisi di mana Ubuntu terinstal adalah /dev/sda6, langkah selanjutnya adalah mounting (aktifkan) partisi tersebut dengan mengetik perintah
  6. sudo mount /dev/sda6 /mnt
  7. Install grub ke partisi yang sudah di aktifkan tersebut
  8. sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda
  9. selanjutnya update GRUB yang telah di install dengan perintah:
  10. sudo update-grub
  11. Restart komputer anda, dan lihat apakah GRUB sudah muncul kembali, apabila belum muncul dam terdapat pesan erorr : /usr/sbin/grub-probe: error: cannot stat `aufs' maka jangan panik, kembali ke terminal dan ketik perintah sbb:
  12. sudo mount /dev/sda1 /mnt
    sudo mount --bind /dev /mnt/dev
    sudo mount --bind /proc /mnt/proc
    sudo mount --bind /sys /mnt/sys
    sudo chroot /mnt
     
    update-grub
    grub-install /dev/sda
    grub-install --recheck /dev/sda
    exit
    sudo umount /mnt/dev/pts
    sudo umount /mnt/dev
    sudo umount /mnt/proc
    sudo umount /mnt/sys
    sudo umount /mnt
    Kemudian lakukan lagi update grub, apabila telah muncul pesan: "Found Windows 7 (Loader) on /dev/sdaX" berarti GRUB telah mendeteksi windows di komputer anda, Restart komputer dan lihat GRUB sudah kembali seperti sedia kala :)

         Selamat mencoba !

1 comments so far

Thx infonya bro, gw sudah nyobain dan berhasil


EmoticonEmoticon