Saturday 27 December 2014

Cara Membagi Partisi Hardisk Tanpa OS

Sebagai tulisan penutup tahun ini saya akan berbagi tentang cara membagi partisi hardisk saat PC atau Laptop dalam keadaan kosong (belum terinstall OS). Sebelum melakukan partisi hardisk sebaiknya kita pahami dulu konsep partisi hardisk, silahkan baca posting saya sebelumnya mengenai Konsep Partisi Hardisk di Linux. Sudah saya bahas disitu mengenai susunan dan jenis-jenis partisi sehingga akan memudahkan teman-teman untuk melakukan pembagian partisi.

Sekarang mari kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan !
1. Laptop atau PC lain yang sudah ada OS nya.
2. Flashdisk (minimal tersedia space kosong sekitar 1GB) atau DVD kosong
3. Linux ISO, saya saranin pake ubuntu saja yang gampang. Download versi desktopnya disini http://www.ubuntu.com/download/desktop
4. Program linux live creator, download disini http://www.linuxliveusb.com  (untuk pengguna windows)
5. Khusus pengguna linux langsung saja eksekusi FD atau DVD tadi jadi bootable drive dengan menggunakan program Startup Disk Creator.

Baiklah saya akan jelaskan cara membuat linux live bagi pengguna windows, sekalian promosi biar pada hijrah :D



STEP 1 : CHOOSE YOUR KEY >> pilih lokasi usb atau DVD. Jangan sampai salah.
STEP 2 : CHOOSE A SOURCE >> pilih ISO/IMG/ZIP kemudian pilih ISO Ubuntu yang tadi sudah kita download
STEP 3 : PERSISTENCE >> skip saja
STEP 4 : OPTIONS >> ikuti gambar diatas
STEP 5 : CREATE >> klik tanda petir, tunggu hingga proses selesai. apabila telah selesai, Selamat ! teman-teman telah memiliki linux live sendiri yang siap dipakai.

Setelah berhasil membuat FD atau DVD live, selanjutnya teman-teman hidupkan laptop kosong yang mau di partisi tadi, masuk ke bios > boot option > pilih bootable drive. Jika berhasil, laptop teman-teman akan melakukan booting dari FD atau DVD live yang telah kita buat tadi, dan selanjutkan akan muncul tampilan desktop Ubuntu. Nah untuk membagi partisi hardisk, gunakan program GParted.



Agar tidak salah dalam melakukan pembagian partisi hardisknya, silahkan teman-teman baca dan pahami lagi tentang Konsep Partisi Hardisk di Linux. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon