Saturday 17 May 2014

Install Indonesian Spelling Checker Untuk Libre Office 4.xx

Spelling checker adalah salah satu tool pada aplikasi office yang sangat membantu untuk mengurangi terjadinya kesalahan kata dalam mengetik. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, saat kita mengetik menggunakan sepuluh jari (dengan kecepatan 300KM/s :-P ) terkadang tidak menyadari bahwa ada 1 atau 2 kata yang diketik salah. Terlebih lagi saat kata-kata yang salah itu justru terbaca oleh pembaca, dan parahnya lagi tulisan yang dimaksud adalah skripsi yang dibaca oleh dosen. Percayalah itu sangat tidak enak sekali.

Dan kali ini saya akan sharing cara untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan tersebut dengan menambahkan ekstensi spelling checker bahasa indonesia pada aplikasi Libre Office/ Open Office versi 4.xx

1. Download ekstensinya di https://www.dropbox.com/s/wdbh4v5vt4ht0q1/id.oxt

2. Buka aplikasi Libre Office teman-teman >> klik tools >> extension manager >> klik add >> pilih file yang sudah di download tadi (id.oxt)


Apabila sudah seperti gambar tandanya sudah berhasil di install. Kemudian klik >> close

3.  Pilih tools >> Options >> Language and Settings >> Languages
Lakukan setting seperti gambar dibawah ini

Klik OK bila sudah selesai

4. Aktifkan spelling checker pada toolbar, lihat gambar dibawah

5. Lakukan pengujian dengan mengetik beberapa kata indonesia yang benar dan salah, bila sudah terinstall dengan benar maka kata yang salah akan terdeteksi secara otomatis.

Sekian tutorial ringan dari saya. Semoga bermanfaat.

2 comments

thx. Mari berkunjung ke blog saya blog-rye.blogspot.com

thanks gan.. masih work sampe sekarang


EmoticonEmoticon