Sunday 27 January 2019

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Tencent Gaming Buddy

Saat kita bermain PUBG Mobile menggunakan emulator Tencent Gaming Buddy, adakalanya bug muncul setelah kita melakukan update. Biasa menyebabkan game menjadi freeze alias tidak bisa bergerak sama sekali. Hal ini saya alami ketika melakukan update PUBG Mobile ke versi terbaru di Season 5 ini. Game tiba-tiba berhenti setiap kali melempar granat, molotov, dan throwable weapon lainnya.

Bug ini cukup menyebalkan dan sangat mengganggu. Saya sudah coba browsing-brwosing dan akhirnya menemukan cara untuk mengatasinya.

Saya menemukan solusinya di website ini: https://teknosentrik.com/cara-mengatasi-pubg-lag-dan-freeze/

Ternyata masalahnya ada pada bug emulator Tencent Gaming Buddy yang bentrok dengan graphic card AMD. Hal ini menyebabkan game menjadi lag bahkan berhenti sama sekali (freeze). Untuk mengatasinya kita bisa melakukan sedikit perubahan pada settingan di emulator.

Cara mengatasi lag freeze di Tencent Gaming Buddy:


  • Buka aplikasi tencent gaming buddy
  • Bersihkan dulu cache emulator dengan klik tombol menu > celar cache
  • Masuk ke setting, pada bagian engine ubah rendering mode menjadi OpenGPL+
  • Sesuaikan resolusi game dengan resolusi monitor
  • Kualitas graphic jangan melebihi kemampuan VGA, jika menggunakan VGA yang standar pakai saja kualitas yang balanced.
  • Restart emulator dan coba buka game PUBG Mobile.
  • Jika masalah yang ada pada komputer kalian sama dengan yang saya alami maka seharusnya bug ini sudah tidak muncul lagi.


Selain karena masalah konflik dengan VGA AMD, bug pada PUBG Mobile di Tencent Gaming Buddy ini juga bisa terjadi karena kita melakukan update dari tombol yang ada di emulator. Biasanya file update yang didapat tidak sempurna. Selalu saja ada bug yang muncul. Nah solusi untuk mengakalinya adalah dengan install Tencent Gaming Buddy yang baru.

Jadi setiap kali ada update kita jangan update dari aplikasi, tapi hapus saja aplikasi emulator lama yang ada di komputer kita kemudian download ulang yang baru. Dengan demikian kita akan mendapatkan fresh install versi terbaru bukannya mendownload file update-nya saja.

Cara ini terbukti cukup efektif untuk mengatasi bug-bug yang ada di emulator Tencent Gaming Buddy. Saya sendiri setiap kali ada update tidak pernah melakukan update via aplikasi tapi hapus aplikasi lama lalu install ulang yang baru.

Beberapa penyebab lag pada Tencent Gaming Buddy lainnya:

  • Koneksi internet yang tidak stabil atau lagi gangguan. Ini sudah pasti akan menyebabkan lag. Kita bisa melihatnya dari besaran ping yang ada di pojok kiri bawah, jika sudah di atas 100 biasanya game akan jadi patah-patah dan tidak enak dimainkan.
  • Spek komputer yang pas-pasan. Nah kalau spek komputer kita pas-pasan biasanya bermain game juga jadi tidak nyaman. Minimal untuk memainkan PUBG Mobile dengan emulator ini harus punya RAM 4 GB dan VGA yang kuat.
  • Bug pada peta. Pada daerah tertentu di dalam game juga kadang masih ada bug yang bikin game jadi lag dan patah-patah.
  • Settingan resolusi yang tidak pas juga bisa bikin tampilan grafis jadi tidak nyaman (melar).
Oke saya rasa itu tips untuk mengatasi lag dan patah-patah di Tencent Gaming Buddy. Semoga membantu.


Sumber: https://teknosentrik.com/


This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon