Friday 16 September 2011

Linux vs Windows.. who will win?



Tinju kelas berat, linus vs bill.. hayo siapa yang menang?
Saya rasa ga ada yang menang karena mereka berdua sudah sama-sama tua :LOL:

Membahas kelebihan dan kelemahan Linux di banding Windows ataupun sebaliknya memang gak akan ada habisnya. Memang kedua sistem operasi ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, akan tetapi jika kita berpikir pintar.. LINUX LEBIH BAIK ! 
Mengapa demikian?
Mari kita bahas kelebihan Linux terlebih dahulu:
  1. Open Source, Linux memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk melihat program asal, atau mengubahnya sesuai dengan kebutuhan tanpa terkena sanksi, karena linux sendiri memiliki lisensi GPL (General Public License). Ini juga berarti anda dapat memodifikasi dan mempublikasikan sebuah distribusi linux dengan nama anda sendiri, asal tetap menyertakan source-nya. wow.. coba bayankan sebuah OS dengan nama anda dipakai oleh teman-teman di kantor/kampus anda? hebat ! Syaratnya anda memang harus punya "skill" untuk melakukan ini.
    Bisakah ini di lakukan di windows? TIDAK !
  2. Freeware, hampir semua software yang digunakan bebas, tanpa bayar sehingga menghemat biaya bagi pengunanya.
    Coba saja di windows, kita harus mengeluarkan uang minimal 900rbu utk sbuah CD original. Belum lagi untuk aplikasi-aplikasi lainnya. Berapa banyak anggaran yang bisa di hemat sebuah perusahaan, kantor, bahkan negara jika linux di jadikan standar? BANYAK.
    Pakai linux jauh lebih hemat!
  3. Dengan menggunakan Linux, anda telah membantu mengurangi PEMBAJAKAN !
  4. Kebal Virus, Linux mewarisi tradisi Unix dengan mendukung adanya file permission (izin file), yang dapat mencegah perubahan atau penghapusan file tanpa seizin dari pemiliknya. Selain itu, Linux juga merupakan sistem operasi terbuka, sehingga rasa kebersamaan yang ditimbulkannya membuat linux adalah milik setiap orang, bukan hanya milik pembuat atau pengembangnya.
    Bukankah semakin banyak "mata" yang mengawasi maka kemungkinan adanya celah keamanan jadi semakin kecil? jawabannya adalah Ya, tentu saja. Jadi linux itu jauh lebih secure.
  5. Minimal Hardware, Linux hanya memerlukan sedikitnya Processor Intel 386 DX, dengan RAM minimal 8 MB serta kapasitas harddisk minimal 85 MB.
  6. Stabilitas yang bagus, contohnya dilingkungan kantor, Linux biasa digunakan sebagai server. Jika sudah dikonfigurasikan dengan benar untuk perangkat keras, pada umumnya Linux berjalan tanpa perlu reboot (di hidupkan ulang) hingga perangkat kerasnya tidak ada tegangan listrik atau memang sengaja dimatikan. Umur hidup sistem yang berkelanjutan hingga ratusan hari atau lebih merupakan hal yang sudah biasa.
  7. Shared Libraries, Linux menggunakan Shared Libraries sehingga memungkinkan untuk menginstal versi baru Linux tanpa merusak keterkaitan program lain. Sedangkan aplikasi windows menginstal aplikasi barunya dari DLL (Dinamic Link Libraries) sehingga berpengaruh pada program lain.
  8. Non Fragmentasi, tanpa defrag dalam windows yang memungkinkan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat, mengedit, dan menghapus file tanpa kawatir terjadi fragmentasi pada data atau program yang ada. Hal ini karena Linux memakai sistem file EXT2FS (Second Extended File System) yang mempunyai keunggulan reduksi fragmentasi otomatis.
  9. Linux OS dapat menjalankan distribusi yang sama persis pada sistem 32-bit, 64-bit sistem sedangkan Windows Bajakan yang sering digunakan di Indonesia adalah Windows 32 Bit.
  10. Linux tidak crash tanpa alasan yang jelas seperti di windows :LOL:
  11. Bugfix, Masalah keamanan yang menyangkut sistem operasi itu sendiri biasanya cepat sekali diumumkan beberapa jam saja setelah ditemukan, diikuti dengan bugfix, workaround, advisory, dan sebagainya.
  12. TCP/IP , Linux mempunyai native protocol TCP/IP sehingga semua yang memanfaatkan TCP/IP akan dapat dilakukan lebih cepat dibanding sistem operasi lain Non-Unix sehingga resource komputer yang dibutuhkan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan sistem operasi lain.
  13. Multi User, Linux dapat digunakan oleh satu atau lebih orang untuk menggunakan program yang sama atau berbeda dalam suatu mesin yang sama pada saat bersamaan, di terminal yang sama atau berbeda.
  14. Multiconsole, Dalam satu komputer, pengguna dapat melakukan login dengan nama user yang sama atau berbeda lebih dari satu kali, tanpa perlu menutup sesi sebelumnya. Multiconsole dapat dilakukan pada Linux karena Linux merupakan Non-Dedicated Server, tidak seperti Novell Netware versi 4 ke bawah yang bersifat Dedicated Server. Pada Non-Dedicated, user dapat bekerja seperti halnya melalui klien menggunakan komputer server selagi server bekerja melayani klien-klien yang ada.
  15. Multitasking, yang memungkinkan Anda mengakses data, atau mengeksekusi suatu program secara bersama-sama pada konsol yang berbeda tanpa takut terjadi stack atau hang pada sistem operasi. Anda bahkan bisa mengcopy, mengedit, menghapus satu file atau data secara bersamaan pada saat data dan file tersebut dieksekusi/di loading.
  16. Login User, Linux memiliki login user atau operator yang tidak terbatas jumlahnya sehingga memungkinkan pemakai hingga 254 klien secara bersamaan, dan dilengkapi dengan password.
  17. Akses Sistem File, Linux mendukung 34 macam akses sistem file yang berbeda, antara lain FAT16, FAT32, NTFS, HPSF, MINIX, UFS, SCO, XENIX, Apletalk, Marsnwe, dll
  18. Emulator, Linux menyediakan Emulator untuk menjalankan aplikasi yang didesain untuk sistem operasi yang berbeda, misalnya :
    • DOSemu (DOS emulator), untuk menjalankan aplikasi DOS.
    • WINE (Windows Emulator), untuk menjalankan aplikasi windows 16 bit dan beberapa aplikasi windows 32 bit.
    • Executor, untuk http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=9135667977798202441menjalankan aplikasi Macintosh.
    • IBCS, untuk menjalankan file executable FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, SCO UNIX, dll
    • Dengan menggunakan VMWare, linux bisa menjalankan windows dan windows NT

Kekurangan Linux: Yang paling utama adalah masalah keterbiasaaan. Masyarakat telah terbiasa memakai windows dari awal mengenal komputer, sehingga akan sulit untuk beralih ke Linux tanpa kemauan untuk belajar. Padahal banyak sekali ilmu yang bisa di dapat jika anda memakai linux.

Selain itu juga masalah kompatibilitas, baik hardware maupun software. Anda mungkin harus menghabiskan satu malam penuh untuk mengotak-atik script-script di terminal hanya untuk menginstal sebuah modem (bagi orang-orang yang kurang beruntung mendapat modem yang belum support). Selain itu masalah kompatibilitas GAME, Game-game besar seperti Point Blank sayangnya hanya bejalan di windows.. ya walaupun game-game di linux juga tidak kalah menarik.
Tapi dibalik itu semua Linux jauh lebih baik.

Semua tergantung pada pilihan anda, mau PINTAR dengan memakai Linux atau terus di manjakan dengan kemudahannya Windows.. you decide it :)

1 comments so far

http://spn.tw/r7HHW #ad


EmoticonEmoticon