Friday 15 November 2013

Solusi Backup Data Skripsi Agar Tetap Aman Walau Laptop atau Hardisk Rusak



Sudah beberapa kali saya mendengar kasus teman-teman  yang data skripsinya hilang gara-gara hardisk yang rusak, bisa dibayangkan bagaimana rasanya ! mungkin dunia serasa runtuh saat itu hehe.. Apalagi kalau data skripsi itu cuma ada di hardisk yang rusak dan tidak ada backupnya, kedengarannya sepele tapi kasus yang seperti ini masih sering terjadi.

Baiklah saya ingin berbagi solusi sederhana untuk mencegah hal ini terjadi yaitu dengan cara menyimpan data-data skripsi atau data-data penting lainnya menggunakan fasilitas penyimpanan data online seperti Dropbox atau Google Drive.

Beberapa manfaat menyimpan data pada media penyimpanan virtual ini antara lain:
1. Data bisa dibuka dimana saja dengan syarat ada koneksi internet. Jadi seumpama teman-teman lupa membawa flashdisk atau laptop tidak usah cemas dan tidak usah repot-repot pulang kerumah untuk mengambil data yang dibutuhkan (apalagi yang rumahnya  jauh dari kampus), cukup kunjungi warnet terdekat atau pinjam laptop teman yang terkoneksi ke internet untuk mengunduh data tersebut. Jadi dengan membackup data di penyimpanan virtual seperti ini bisa sangat bermanfaat pada saat-saat darurat, right?

2. Bebas virus. Selain kehilangan data karena rusaknya hardisk, virus juga seringkali menjadi penyebab rusaknya data-data office penting yang sering digunakan seperti .doc, docx, ppt, pptx, dsb. Walau teman-teman membuat data backup sebanyak apapun kalau hardisk atau flashdisknya terkena virus data-datanya masih beresiko rusak semua. Nah lho !?
Jadi dengan menyimpan data di penyimpanan online bisa meminimalisir kerusakan data oleh virus.

3. Memudahkan untuk berbagi data. Tidak perlu colok-cabut flashdisk untuk membagikan materi dari dosen, makalah, jurnal, artikel, dsb. Cukup kasih saja linknya biar teman-teman yang lain mengunduh sendiri-sendiri hehehe. Karena budaya colok-cabut flashdisk inilah yang sering menyebabkan virus tersebar.

Cara menggunakan Dropbox dan Google Drive:

Dropbox.
1. Pertama buka dulu situsnya dropbox.com


2. Isi data yang diminta kemudian klik sign up untuk mendaftarkan akun baru. Setelah mengklik tombol signup biasanya muncul jendela pop up download dropbox versi PC, klik download.
3. Buka email yang digunakan untuk mendaftar kemudian klik link validasi yang dikirimkan oleh dropbox.
4 Setelah memiliki akun maka tampilan dropbox akan menjadi seperti ini.


5. Menggunakannya juga sangat mudah, untuk menyimpan data di dropbox tinggal klik tombol upload kemudian pilih file yang akan di simpan. Untuk mengunduhnya tinggal pilih data yang akan diunduh kemudian klik download, just that simple :)
Untuk versi free user (gratisan) dropbox menyediakan space hingga 2GB. Ya lumayanlah ya.


Google Drive
1. Buka dulu google.com
2. Klik tombol menu yang ada di pojok kanan atas, kemudian klik drive seperti gambar di bawah ini:

3. Kemudian login menggunakan akun google teman-teman.

4. Jika telah berhasil login maka tampilan Google Drive akan seperti ini:

5. Cara menggunakan google drive hampir sama dengan dropbox, untuk menyimpan data kita tinggal login kemudian upload data yang ingin disimpan, jika ingin mengunduhnya tinggal pilih file yang ingin diunduh kemudian klik download.

Semoga ada manfaatnya ya.. wassalam.

3 comments


EmoticonEmoticon