Friday 23 September 2011

Cara Mengambil Screenshot Pada Login Screen

Trik kali ini berkaitan dengan posting saya mengenai  Cara Merubah Tampilan Login Screen Ubuntu (baru beberapa menit yang lalu hehe). Awalnya agak bingung saat hendak mengambil screenshot di Login Screen untuk di tampilin di posting yang tadi itu, karena program untuk mengambil screenshotnya tidak berjalan di Login Screen, biasanya kalo di ubuntu untuk mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol printscreen di keyboard. Tapi ini tidak berjalan pada Login Screen, lalu bagaimana cara mengakalinya? Monggo di simak..

Berikut adalah Cara Mengambil Screenshot Pada Login Screen
Caranya sangat mudah, para pemula pasti akan dengan mudah melakukan trik ini. Di ubuntu program untuk mengambil screenshot ini telah terinstal secara default, hanya saja tidak berjalan di Login Screen. Untuk membuatnya berjalan di Login Screen ketikkan perintah berikut di terminal:
sudo cp /usr/share/applications/gnome-screenshot.desktop /usr/share/gdm/autostart/LoginWindow
> Logout Session

Program take screenshot dari ubuntu akan otomatis terbuka, ambil screenshot yang anda butuhkan kemudian login. Agar aplikasi take screenshot ini tidak terbuka terus pada saat Login Screen maka anda perlu menghapusnya dengan mengetikkan perinta berikut di terminal:
sudo unlink /usr/share/gdm/autostart/LoginWindow/gnome-screenshot.desktop

Done !

2 comments

sama kasus, gw dlu jg prnah ngalami gtu XD

kalo di kali linux gimana ya? tolong bantuannya


EmoticonEmoticon